Panama Jadikan Libur Nasional Saat Lolos Piala Dunia 2018

Lolos ke Piala Dunia, Panama Libur Nasional

Panama sedang merasa gembira karena kelolosan mereka menuju piala dunia 2018. Presiden Panama juga tetapkan 1 hari libur nasional, seiring dengan kelolosan negaranya ke babak utama Piala Dunia.

Untuk pertama kali, Panama lolos ke babak utama ajang Piala Dunia. Hal tersebut berlangsung seiring dengan hasil oke 2-1 atas Kosta Rika dalam tahap kualifikasi Piala Dunia 2018, di Estadio Rommel Fernández, Panama City pada hari Selasa (10/10/2017) waktu setempat.

Johan Venegas bikin Kosta Rika unggul lebih awal, sebelum Panama samakan skor lewat cetak angka Gabriel Torres pada awal babak kedua. Publik Panama lalu bersuka cita usai Roman Torres pastikan kemenangan 2 menit sebelum waktu normal berakhir.

Ditambah dengan beberapa hasil lain di babak kualifikasi, Panama pun menempati urutan 3 di klasemen tahap kualifikasi zona CONCACAF. Layak meraih 1 tempat di ajan piala dunia 2018 di Rusia yang akan berlangsung kurang dari 2 bulan lagi. Panama juga berpesta.

Panama Menuju Piala Dunia 2018

“Suara rakyat telah didengar; rayakanlah hari bersejarah untuk Panama ini. Besok (Rabu) adalah hari libur nasional,” tulis Presiden Panama Juan Carlos Varela di Twitter.

Baca Juga : Profil Timnas Panama Piala Dunia 2018

“Hari tersebut merupakan sebuah hari yang bersejarah untuk negeri ini. Dan hari berikutnya menjadi hari lowong untuk para pekerja di sektor publik dan privat. Pada hari libur nasional ini, sekolah umum dan swasta juga diliburkan, agar keluarga dapat ikut merayakan,” sambung dia.

Lewat 10 kali upaya mereka untuk tembus Piala Dunia sebelum ini, Panama pernah sangat dekat meraih kelolosan di babak kualifikasi Piala Dunia 2014. Waktu itu Panama nyaris meraih tiket di babak play-off, namun kekalahan saat melawan AS di pertandingan terakhir membuyarkan peluang itu. Ironisnya, kali ini AS malah tidak berhasil melewati tahap kualifikasi sehingga hanya akan jadi penonton di Piala Dunia 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *